Reformasi Kantin Jasbog


Kantin Jasbog Unhas Dalam Kondisi di Renovasi
Kantin Jasbog Unhas Dalam Kondisi di Renovasi
Kantin Jasbog Unhas Dalam Kondisi direnovasi

Catatankaki.info – Jasa boga atau biasanya lebih dikenal dengan jasbog merupakan kantin yang berada disekitaran gedung mata kuliah umum (MKU), terletak strategis, dan mudah dijangkau oleh mahasiswa dari berbagai fakultas. Saat ini, jasbog berada pada penghujung proses renovasi yang berlangsung 3 bulan belakangan ini. Tepat 09 Februari 2015 renovasi jasbog dimulai dan direncanakan akan selesai dalam waktu 3 bulan, nyatanya renovasi tersebut tidak terselesaikan tepat waktu, karena terkendala cuaca beberapa waktu lalu.

Jasbog yang tengah direnovasi merupakan bentuk kebijakan yang diberlakukan pihak Universitas bekerjasama dengan beberapa CV yang terlibat. Jasbog yang sedang direnovasi menuai banyak tanya terutama bentuk dari kerjasama yang terjalin antara pihak Universitas dan CV yang terkait. Jasbog tersebut rencananya akan diresmikan pada tanggal 20 Mei 2015, tetapi sampai hari ini belum ada tanda-tanda peresmian yang dilakukan oleh pihak Universitas.

Berdasarkan hasil rapat yang dilaksanakan oleh pihak Universitas dihadiri oleh WR III Unhas bapak Dr. Ir. Abd. Rasyid Jalil dan para pedagang Jasbog, terdapat beberapa system baru dalam kantin Jasbog nantinya. Diantaranya adalah perombakan sistem transaksi pedagang dan pembeli. Ibu Sakawati selaku pihak Universitas menyampaikan bahwa proses transaksi pada kantin Jasbog nantinya akan menggunakan sistem kasir. Semua transaksi hasil jual-beli terpusat pada kasir yang telah tersedia. Dengan sistem kasir ini, para pembeli harus membayar terlebih dahulu kepada kasir kemudian mengambil barang yang akan dibelinya. Para pedagang baru bisa mengambil hasil penjualannya pada sore hari atau bisa diambil per minggu melalui ATM.

Selain itu, jumlah pedagang yang boleh berjualan di kantin Jasbog nantinya akan dibatasi. Hanya 25 pedagang yang akan diterima melalui proses seleksi, diutamakan bagi pedagang yang telah lama menjajakkan dagangannya di kantin jasbog. Untuk mendaftar sebagai pedagang harus memenuhi beberapa syarat seperti mengisi formulir, KTP, pranko, serta persyaratan lainnya. Akan ada gerobak yang disediakan untuk para pedagang, tetapi gerobak tersebut dicicil oleh pedagang itu sendiri. Setiap pedagang hanya boleh menjajakkan 1 jenis makanan saja, Adapun pelayan disediakan langsung oleh pihak Universitas dan akan dijaga oleh seorang satpam.

Ada satu ruangan baru yang tersedia di kantin jasbog yaitu ruangan yang berfasilitaskan AC dan berdindingkan kaca. Ruangan tersebut nantinya akan menjadi ruang bagi orang-orang penting yang datang dari luar.

Setiap kantin yang berada di kampus Unhas akan direnovasi satu persaatu. Sasaran kantin selanjutnya setelah jasbog yaitu jasa pertanian atau jasper yang berada di Fakultas Pertanian. Sasarannya adalah kantin yang strategis dan luas.

Ketika ditemui tim CAKA, Salah satu pegawai biro administrasi bidang aset Unhas bapak Lukmanul Hakim mengatakan “kalau kantin jasa boga, kami belum bisa berkomentar banyak karena belum ada SK yang masuk ke pihak pengelola aset mengenai kantin jasa boga dan rencananya tentang kantin jasbog baru mau dirapatkan”.*Ra

Previous DIARY UNTUK SI NONA
Next Sampah Unhas Mengganggu Warga

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.